Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Pengobatan Mata Ikan

Pengebotan mata ikan yang umum dilakukan adalah menghindari aktivitas yang berulang. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah mengenakan sepatu dengan ukuran yang sesuai atau mengambil tindakan perawatan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa pengobatan medis dan alami yang bisa mencegah berkembangnya mata ikan, di antaranya:

Baca juga: Obat dan Cara Mencegah Sakit Mata

1. Obat

Jika Anda lebih suka metode yang lebih cepat untuk menghilangkan mata ikan, Anda bisa menggunakan obat mata ikan yang dijual bebas. Menggunakan obat yang mengandung asam salisilat adalah cara menghilangkan mata ikan yang bisa dicoba. Pada umumnya, clavus bisa menghilang dalam waktu dua minggu.

2. Memotong Kulit yang Mengeras

Cara mengobati mata ikan ini harus dilakukan oleh dokter. Dokter akan memotong kulit yang menebal dengan pisau bedah. Jangan coba-coba untuk melakukannya sendiri karena berisiko meningkatkan infeksi.

3. Sepatu Khusus

Jika mata ikan disebabkan oleh kelainan bentuk kaki, dokter mungkin menyarankan menggunakan sepatu khusus (orthotics) untuk mencegah mata ikan atau kapalan berkembang.

4. Pembedahan

Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk memperbaiki penyelarasan tulang yang menyebabkan gesekan.

Pengobatan Rumahan

Jika Anda memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah terhambat, konsultasikan dengan dokter sebelum merawat mata ikan sendiri. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya,  beberapa langkah ini bisa dicoba untuk mengatasi mata ikan, antara lain:

  • Rendam kaki atau tangan di air sabun hangat. Cara menghilangkan mata ikan ini membuat Anda lebih mudah untuk menghilangkan kulit yang menebal.
  • Menggosok area kulit yang bermasalah dengan batu apung atau menggunakan amplas khusus adalah cara menghilangkan mata ikan yang bisa dicoba. Namun, jika Anda menderita diabetes hindari cara ini.
  • Obat mata ikan lainnya yang bisa digunakan adalah pelembap. Oleskan pelembap ke tangan atau kaki untuk menjaga kulit tetap lembut.

Baca juga: Gejala dan Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Pencegahan Mata Ikan

Cara terbaik untuk mencegah mata ikan adalah memastikan bahwa Anda menggunakan sepatu yang nyaman. Selain itu, pastikan jari-jari kaki dapat bergerak dengan mudah, selalu menggunakan kaus kaki, dan pastikan kuku kaki tidak terlalu panjang. Kuku kaki yang panjang bisa menyebabkan jari-jari kaki berada di posisi yang tidak normal.

Perlu diketahui bahwa mata ikan tidak bisa hilang dalam semalam, perawatan membutuhkan waktu dua minggu hingga satu bulan hingga mata ikan benar-benar hilang.

Beberapa pencegahan lainnya yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Rutinlah untuk mencuci kaki dengan air sabun setiap malam.
  • Oleskan pelembap pada kaki setelah membersihkan kaki.
  • Gunakan bedak untuk mencegah munculnya keringat.
  • Mengenakan kaus kaki setiap hari.
  • Selalu gunakan pelindung tangan saat menggunakan perkakas berat.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014