Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apa Itu Daun Jarak?

Daun jarak adalah nama sejenis tumbuh-tumbuhan yang berasal dari wilayah Meksiko dan Amerika bagian Selatan.

Daun jarak (termasuk buah, biji, dan akarnya) dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun jarak yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis ini tidak lepas dari kandungan sejumlah zat penting yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Meskipun tergolong sebagai tanaman liar, jarak memiliki banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah daftar manfaat daun jarak yang perlu Anda ketahui.

1. Penghasil Minyak

Daun jarak mengandung getah yang disebut ricin. Itu juga yang menjadi sebab mengapa tanaman ini dinamai Ricinus Communis. Nah, getah ricin pada daun jarak ini lantas menghasilkan manfaat daun jarak untuk menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Manfaat getah daun jarak yang satu ini utamanya bisa Anda peroleh dari spesies daun jarak pagar dan daun jarak wulung.

2. Mengatasi Sakit Gigi

Selain menghasilkan bahan bakar minyak berskala mikro, manfaat getah daun jarak pagar dan jarak wulung adalah untuk mengatasi sakit gigi.

Manakala Anda sedang mengalami sakit gigi, oleskan getah daun jarak ini pada bagian gigi yang sakit. Kandungan fitofarmaka bernama alkaloid pada getah daun jarak berdasarkan penelitian diklaim efektif untuk meredakan sakit gigi.

3. Mengatasi Sariawan

Masih berkaitan dengan manfaat getah daun jarak, pun di area gigi dan mulut, manfaat daun jarak selanjutnya adalah untuk mengatasi sariawan. Adanya senyawa anti-inflamasi pada getah daun jarak menjadikannya alternatif obat yang efektif mengobati sariawan tersebut.

Ambil getah daun jarak dengan kapas halus. Etelah itu, oleskan getah daun jarak pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai hasilnya terlihat.

4. Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

Konstipasi atau biasa kita kenal dengan istilah sembelit adalah kondisi di mana sulit sekali rasanya untuk buang air besar (BAB). Salah satu cara mengobati sembelit ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak, utamanya jarak pagar.

Manfaat jarak pagar untuk mengatasi sembelit ini akan tetapi tidak sesederhana mitos yang selama ini dipercaya masyarakat, yakni hanya dengan menempelkan daun jarak pada perut.  Alih-alih demikian, yang harus Anda lakukan adalah dengan merebus daun jarak di dalam air mendidih, kemudian minum air rebusan tersebut untuk mengobati sembelit.

Baca juga: Kanker Usus Besar Stadium 3: Jenis, Ciri dan Gejalanya

5. Mengobati Luka

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, daun jarak memiliki senyawa yang bersifat anti-bakteri. Hal ini lantas membuat daun jarak berkhasiat untuk mengobati luka pada kulit, terutama luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri.

Sama seperti saat mengobati sariawan, untuk memperoleh manfaat daun jarak yang satu ini Anda hanya cukup mengolekan getah daun jarak pada area kulit yang terluka. Diamkan selama beberapa saat sampai luka mengering.

6. Mengobati Radang

Terutama radang (inflamasi) yang terjadi pada daun telinga, maka salah satu cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan memanfaatkan tanaman jarak ini. Khasiat daun jarak pagar dan daun jarak lainnya dalam mengobati peradangan dikarenakan adanya kandungan senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi.

Rebus daun jarak di dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, minum air rebusan tersebut secara rutin ampai radang sembuh.

7. Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi

Bagi Anda para orang tua, perlu diketahui bahwasanya bayi berpotensi mengalami keputihan pada mulutnya akibat terinfeksi bakteri candida yang menempel pada puting susu ibu. Jika hal ini kebetulan menimpa si kecil, maka selain menjaga kebersihan puting susu Anda, cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak.

Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun jarak dipercaya ampuh untuk melawan bakteri candida penyebab keputihan pada mulut bayi tersebut. Ambil getah daun jarak yang terdapat di dalam batangnya, kemudian oleskan sedikit saja pada mulut bayi.

8. Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah sala satu masalah rambut yang umum dialami banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Nah, manfaat daun jarak ternyata juga bisa untuk mengatasi ketombe pada rambut, lho.

Ambil kira-kira 5 helai daun jarak, kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, oleskan tumbukan daun jarak tersebut pada rambut Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampoo dan air sampai bersih.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014