Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Elderberry adalah salah satu tanaman yang dimanfaat untuk obat herbal di seluruh dunia baik di Amerika dan Eropa. Sekarang banyak suplemen elderberry untuk mengatasi pilek dan flu.

Elderberry telah lama digunakan sebagai obat tradisional di berbagai negara. Penduduk asli Amerika menggunakannya untuk mencegah infeksi, orang Mesir kuno memanfaatkannya untuk mengatasi luka bakar, dan masyarakat di banyak bagian Eropa memanfaatkan buah ini untuk pengobatan tradisional.

Berikut ini manfaat buah elderberry untuk kesehatan yang dipercaya:

1. Mengatasi Gejala Pilek dan Flu

Ekstrak elderberry telah lama dipercaya selama berabad-abad sebagai obat tradisional untuk mengatasi pilek dan flu yang berasal dari infeksi virus.

Elderberry mengandung antioksidan dan efek antivirus sehingga banyak produsen yang memproduksinya menjadi sirup, suplemen, kapsul, permen karet, hingga tablet hisap elderberry.

Berdasarkan penelitian, 64 orang dengan gejala mirip flu yang menggunakan tablet hisap yang mengandung 175 miligram ekstrak elderberry 4 kali sehari selama 2 hari mengalami gejala demam, pusing, nyeri, hidung tersumbat yang membaik.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan secara ilmiah manfaat buah elderberry untuk mengatasi gejala pilek dan batuk, karena penelitian sebelumnya hanya dilakukan berdasarkan produk-produk komersial.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa kalangan percaya bahwa ekstrak buah elderberry memiliki efek positif untuk kesehatan jantung, pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol. Elderberry mengandung flavonoid dan anthocyanin yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian, 34 orang yang diberi 400 mg ekstrak elderberry selama dua hari mengalami kadar kolesterol yang turun secara signifikan, termasuk kadar di hati dan aorta. Kolesterol tinggi dapat memicu masalah jantung.

Baca juga : 8 Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diketahui!

3. Mengurangi Risiko Kanker

Elderberry asli Amerika dan Eropa memiliki penghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam penelitian. Elderberry mengandung sumber antioksidan yang kuat seperti anthocyanin, flavonoid, dan asam fenol.

Antioksidan adalah komponen alami untuk mencegah kerusakan radikal bebas yang memicu kanker serta penyakit kronis lainnya. Anthocyanin dalam buah elderberry memiliki kekuatan yang 3,5 kali lebih besar dari vitamin E yang kemudian dikaitkan menjadi pencegah kanker secara herbal yang paling efektif.

Berdasarkan penelitian di laboratorium, kandungan elderberry memiliki potensi untuk mencegah kanker namun penelitian skala besar lainnya masih dibutuhkan.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat black elderberry selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun adalah perlindungan alami tubuh dalam melawan virus, bakteri, atau kuman berbahaya lainnya agar Anda tidak mengalami infeksi atau penyakit.

Elderberry kaya akan vitamin C yang menjadi sumber utama kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, kandungan polifenol dalam elderberry dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dan perlindungan kekebalan tubuh.

5. Mengatasi Peradangan

Anthocyanin dalam elderberry dipercaya dapat mengurangi efek peradangan pada tubuh. Kandungan ini dapat menghambat nitrat oksida yang memicu peradangan sebagai respons terhadap cedera atau penyakit.

Kandungan ini juga dipercaya dapat mengatasi rasa sakit, bengkak, sakit gigi, luka, memar, pegel linu, atau nyeri neuropatik. Bahkan masyarakat Mesir kuno menggunakan ekstrak elderberry untuk mengatasi peradangan kulit akibat luka bakar.

Sayangnya, hanya sedikit penelitian yang mengungkapkan manfaat elderberry untuk mengatasi nyeri dan peradangan.

source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014