Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kanker tiroid adalah jenis kanker yang jarang terjadi. Kebanyakan orang yang mengidapnya, mendapatkan hasil perawatan yang baik karena kanker ini biasanya ditemukan sejak dini dan perawatan bekerja dengan baik. Setelah perawatan, kanker tiroid mungkin kembali atau kambuh dan kadang-kadang bertahan selama bertahun-tahun setelah pengobatan.

Jenis Kanker Tiroid

Kanker tiroid terdiri dari beberapa jenis, yang dapat menentukan pengobatannya. Jenis kanker tiroid ini meliputi:

Baca juga: Penyebab, Jenis dan Gejala Sinusitis

1. Kanker Tiroid Papiler

Jenis kanker tiroid ini yang paling umum dan muncul dari sel-sel folikel, yang menghasilkan dan menyimpan hormon tiroid. Kanker tiroid papiler dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi paling sering pada orang yang berusia 30 sampai 50 tahun.

2. Kanker Tiroid Folikular

Kanker tiroid jenis ini juga muncul dari sel-sel folikel tiroid, yang biasanya diderita orang di atas usia 50 tahun. Hurthle cell cancer adalah jenis kanker tiroid folikuler yang jarang dan berpotensi lebih agresif.

3. Kanker Tiroid Meduler

Kanker ini mulai menyerang sel-sel tiroid yang disebut sel C, yang menghasilkan hormon kalsitonin. Peningkatan kadar kalsitonin dalam darah dapat mengindikasikan kanker tiroid meduler pada stadium awal. Meski jarang, sindrom genetik tertentu dapat meningkatkan risiko kanker tiroid meduler.

4. Kanker Tiroid Anaplastik

Adalah kanker langka dan berkembang sangat pesat sehingga sangat sulit diobati. Kanker tiroid anaplastik biasanya terjadi pada orang di atas usia 60.

5. Limfoma Tiroid

Jenis kanker tiroid ini langka, yang dimulai pada sel-sel sistem kekebalan di tiroid dan tumbuh sangat cepat. Limfoma tiroid biasanya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Penyebab Kanker Tiroid

Belum jelas apa menjadi penyebab kanker tiroid. Kanker tiroid terjadi ketika sel-sel di tiroid mengalami perubahan genetik (mutasi). Mutasi membuat sel tumbuh dan berkembang dengan cepat. Sel-sel juga kehilangan kemampuan untuk mati, seperti sel-sel normal. Akumulasi sel-sel tiroid abnormal membentuk tumor. Sel-sel abnormal menyerang jaringan di dekatnya dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Baca juga: Apa itu Kolesterol? Jenis dan Penyebab Kolesterol

Faktor Risiko Kanker Tiroid

Berikut sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker tiroid:

  • Memiliki riwayat keluarga kanker tiroid (genetik)
  • Wanita lebih sering terkena kanker tiroid daripada pria
  • Memiliki riwayat kanker payudara
  • Memiliki riwayat terpapar radiasi
  • Orang berusia di atas 40 rahun

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014