Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Beragam Penyakit Terhadap Anak Kegemukan

Beragam penyakit terhadap anak kegemukan, banyak orang tua yang menganggap anak gemuk akan terlihat sehat karena tidak kekurangan gizi dan sangat menggemaskan. Bahkan ini menjadi suatu kebanggaan orang tua dalam mengurus anak.

Padahal, persepsi tersebut sangatlah keliru sebab anak yang gemuk bisa saja sudah masuk ke tahap obesitas. Inilah penjelasan dari dr Diana F Suganda, M.Kes, SpGK – dokter spesialis gizi klinis.

“Nah ini mindset yang harus diubah. Harus ada knowledge kalau anak nggak melulu harus gemuk. Meski lucu, tapi anak yang obes di usia 5 tahun dia akan obes hingga usia 15-18 tahun,” kata dr Diana.

Adapun bahayanya ketika anak sudah masuk dalam kategori obesitas yakni risiko terkena penyakit tentu lebih tinggi. Memang tidak akan terlihat dalam jangka panjang, tetapi anak akan kesulitan di masa depan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

“Kita membesarkan anak karena dia akan menjadi bibit negara. Kalau anak obes dia setelah dewasa akan banyak sakitnya. Hipertensi, stroke bahkan depresi karena suka di-bully. jadi bukan hanya di kesehatan tapi psikis juga,” tambahnya.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan anak bisa menjadi obesitas. Biasanya orang tua tidak membatasi asupan makan-makanan cepat saji dan cemilan yang tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang cukup. Jadinya terjadi ketidakseimbangan energi antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibuang,

“Makanya orang tua harus memperhatikan menu harian yang mempertimbangkan batasan asupan gula, garam, dan lemak, juga melakukan kegiatan fisik secara rutin,” ujar dr Diana.

Baca juga: 9 Makanan Kaya Kalsium Baik Untuk di Pagi Hari

Cara untuk memastikan apakah anak obesitas atau tidak adalah teratur memeriksa anak yg berusia kurang dari 5 tahun ke Puskesmas atau dokter untuk memantau tinggi dan berat badannya. Orang tua juga tentunya harus lebih aware terhadap permasalahan seperti itu.

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014