Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Atasi Insomnia Dengan Yogurt

Atasi insomnia dengan yogurt. Sulit tidur nyenyak atau insomnia bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Menurut situs Live Strong, insomnia bisa menyebabkan gejala terbangun tengah malam, merasa lelah di pagi hari, lesu, mudah marah, depresi, kecemasan, sulit konsentrasi, sakit kepala, hingga masalah pencernaan.

Pada umumnya orang menangani insomnia dengan menggunakan obat, atau mengubah pola makan dan lingkungan. Ada banyak makanan dan minuman yang sebenarnya bisa membantu kita untuk cepat merasa ngantuk, namun yogurt bisa jadi makanan yang paling tepat.

Alasan pertama, yogurt kaya akan tryptophan sehingga tepat untuk dikonsumsi sebelum tidur. Tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin, yakni senyawa kimia otak yang bisa memicu rasa kantuk dan rileks.

Baca juga: Bawang Putih dan Bawang Merah Turunkan Risiko Kanker Payudara

“Biasanya orang memilih untuk meminum segelas susu hangat sebelum tidur, namun yogurt yang tidak mengandung laktosa bisa memudahkan mereka yang mengidap intoleransi laktosa dan selain itu yogurt lebih mudah untuk dicerna,” tulis situs tersebut.

Akan tetapi, tak semua yogurt memiliki manfaat yang sama. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung gula karena bisa mempengaruhi kadar gula darah yang malah melawan efek tryptophan dalam tubuh.

Carilah yogurt rendah atau tanpa gula, dan kamu bisa mengombinasikannya dengan beberapa buah agar menambah rasa, namun jaga porsi agar tidak terlalu banyak.

Yang paing tepat adalah untuk mengombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein. Karena kombinasi tersebut dapat membantu membersihkan asam amino dari darah dan membantu tryptophan mencapai otak secara cepat dan efisien. Kombinasikan yogurt dengan granola atau makan dengan roti dan kukis gandum, atau oatmeal.

Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri sehat yang bisa membantu kesehatan pencernaan, sehingga mengonsumsinya sebelum tidur dapat membantumu tidur nyenyak sekaligus mengurangi gejala masalah pencernaan yang disebabkan insomnia.

Baca juga: Tips Mengobati Sakit Pinggang

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014