Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Biji rami dikenal sebagai salah satu sumber serat yang dapat mengenyangkan perut dalam waktu yang tidak sebentar. Manfaat biji rami pun cukup banyak untuk kesehatan, terutama dipercaya bisa menurunkan berat badan. Mengapa demikian?

Biji rami merupakan jenis biji-bijian yang sering diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan. Selain digunakan untuk bahan makanan, biji rami menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan tubuh melalui suplemen herbal untuk mengatasi penyakit tertentu.

Namun, tidak sedikit pula orang yang menggunakan biji rami untuk menurunkan berat badan. Ini dia beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut.

  1. Biji rami

Salah satu alasan mengapa biji rami diyakini dapat memengaruhi berat badan seseorang adalah karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Menurut sebuah artikel dari Journal of Nutrition & Food Sciences, biji rami mengandung serat makanan yang dapat larut dan tidak larut di sistem pencernaan.

Serat makanan merupakan serat yang berfungsi untuk meningkatkan berat di usus dan meningkatkan berat BAB Anda. Selain itu, serat makanan juga dapat mengurangi waktu transit makanan di usus. Dengan begitu, biji rami dapat mengendalikan nafsu makan dan glukosa darah serta mengurangi lemak darah.

Sudah terbukti bahwa diet tinggi serat makanan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan peradangan di tubuh. Maka itu, biji rami dapat mengenyangkan dan bisa membuat angka timbangan bergerak ke kiri.

Baca juga  : Mencegah Penyakit Jantung Akibat Kolesterol Tinggi

  1. Sumber asam omega-3

Selain kaya akan serat, biji rami dapat menurunkan berat badan karena termasuk sumber asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Asam lemak omega-3 telah dipercaya memiliki khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, terutama jantung. Hal tersebut dikarenakan senyawa ini dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan gangguan jantung, membantu melawan penyakit auto-imun, dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Dalam sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, terdapat sedikit pengaruh berupa penurunan berat badan yang diberikan oleh omega-3 dalam sebuah program diet.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakan kandungan asam omega-3 pada biji rami benar-benar dapat digunakan dalam diet penurunan berat badan.

  1. Sumber lignin

Lignin merupakan serat yang bisa Anda temukan dalam dinding sel tanaman kayu. Biasanya, senyawa yang termasuk fitokimia ini berfungsi untuk membantu menguatkan dinding sel, sehingga perannya dalam nutrisi tubuh Anda cukup penting.

Kandungan lignin pada flaxseed dapat mengurangi jumlah lemak viseral dan hati karena asupan makanan berlemak yang cukup tinggi. Maka itu, lignin sering dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan pernyataan di atas.

source : hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Pulowatu support by PT. PMI

Telepon Kami       (0274) 896 014